Teori Pembangunan (Development Theory)

Ketika kita berbicara pembangunan, maka yang terlintas dalam pikiran kita adalah perihal yang berkaitan dengan ekonomi, seperti pertumbuhan ekonomi. Bahkan, pembangunan itu sendiri sering disebut dengan pertumbuhan ekonomi. Hal ini wajar, karena dari akarnya, pembangunan selalu menggunakan pendekatan ekonomi. Tanpa ekonomi (baca : uang/biaya), pembangunan tidak akan dapat dilakukan. Apalagi ketika satu negara baru merdeka, maka pembangunan menjadi sangat identik dengan pertumbuhan yang kemudian disebut sebagai pembangunan ekonomi.

Dalam perkebangannya, atau ketika satu negara sudah atau sedang berkembang, maka pembangunan itu tidak serta merta lagi diidentikkan dengan ekonomi. Pembangunan kemudian dilihat dari sisi multidemensi dan multidisiplin. Pembangunan kemudian didekati dengan bidang ilmu lain, seperti Sosiologi, Agama, Budaya, Politik, Hukum, dan Administrasi Publik (Negara).

Mata kuliah ini mencoba untuk menjelaskan dasar pemahaman tentang pembangunan. Penjelasan dititikberatkan dengan teori atau paradigma yang berkembang. Setidaknya, ada dua perspektif yang ingin didiskusikan dalam kuliah ini, yaitu prespektif diachronis dan taxonomis. Perspekti pertama melihat paradigma pembangunan dari sisi paradigma mana yang terlebih dahulu muncul dan kemudian digantikan oleh paradigma berikutnya. Perspektif ini lebih menekankan pada bidang ekonomi. Sedangkan perspektif taxonomi, melihat paradigma pembangunan dari sisi bidang ilmu lainnya, seperti sosiologi, psikologi dan lainnya.

Capaian pembelajaran yang ingin dihasilkan adalah agar para mahasiswa menjadi paham kondisi-kondisi apa yang dapat memperlambat atau mempercepat proses pembangunan. Sebagai negara yang sedang berkembang, para mahasiswa nantinya dapat memberikan jalan keluar bagaimana strategi pembangunan yang dapat dijalankan oleh Indonesia dalam mencapai Visi Indonesia 2030.

Penjelasan Silabus Teori Pembangunan

Kuliah-1_Pembangunan sebagai Studi Multidisipliner

Kuliah-2_Planned Societal Change

Kuliah-3_Batasan dan Parameter Pembangunan

Kuliah-4_Lanjutan_Human Development Index

Kuliah-5_Paradigma Pemb_Perspektif Diachronis_Paradigma Pertumbuhan

Kuliah-6_Paradigma Pentahapan

Kuliah-8_Paradigma Pertumbuhan Berimbang dan Tidak Berimbang

Kuliah-9_Paradigma Kesejahteraan

Kuliah-10_Paradigma Neo Ekonomi

Kuliah-11 dan 12_Paradigma Pembangunan Perspektif Taxonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: