Studi Implementasi Kebijakan Publik (Public Policy Implementation Study)

Salah satu tahapan atau studi lain yang penting dari studi Kebijakan Publik adalah Studi Implementasi Kebijakan. Tahap atau studi ini menjadi sangat penting, selain tahap perumusan masalah (problem structuring), karena gagal tidaknya satu kebijakan tergantung pada implementasinya. Sebagai delivery process, tahap atau studi implementasi kebijakan akan sangat menentukan apakah sasaran (policy outputs) dan tujuan (policy outcomes) akan tercapai. Ketercapaian kedua parameter tersebut akan sangat menentukan tercapai tidaknya kinerja kebijakan (policy performance).

Sebagai studi yang berkembang pada tahun 1970-an, yang diprakarsai Pressman dan Wildavsky, Studi Implementasi Kebijakan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan itu ditandai dengan munculnya teori dari berbagai generasi. Eugene Bardach merupakan salah satu tokoh yang termasuk pada Teori Generasi I, van Horn dan van Metter, Mazmanian dan Sabatier, Grindle merupakan tokoh yang mengembangkan Teori Generasi II, sedangkan Goggin menjadi salah satu tokoh yang mengembangkan Teori Generasi III. Bahkan, saat ini embrio generasi IV telah muncul. Setiap generasi, teori-teori yang berkembang ditujukan untuk melengkapi kekurangan dari teori generasi sebelumnya.

Kuliah ini dirancang agar mahasiswa, khususnya mahasiswa Administrasi Publik/Negara, memahami dan mampu menerapkan Studi Implementasi Kebijakan dalam praktek. Sebagai calon policy analyst dan policy implementator, mereka diharapkan tidak hanya mampu menerapkan, tetapi juga mampu melakukan evaluasi terhadap kebijakan publik yang sedang dan telah diimplementasikan.

Saya mengucapkan terimakasih pada Mas Erwan Agus Purwanto dan Mbak Dyah Ratih Sulistyastuti yang telah menerbitkan buku berjudul, “Implementasi Kebijakan Publik : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia.” Di tengah-tengah kesulitan literatur, terutama dalam bahasa Indonesia, buku ini merupakan oase di tengah-tengah sulitnya mencari referensi yang khusus dan utuh tentang Studi Implementasi Kebijakan. Untuk itu, beberapa materi dalam kuliah ini mengacu pada buku ini, selain buku-buku yang telah dicantumkan dalam daftar pustaka. Selain itu, beberapa materi kuliah ketika mendampingi Mas Erwan mengajar di Fisipol UGM, juga saya adopsi. Kiranya materi kuliah ini dapat memampukan mahasiswa saya dan para peminat dan pemerhati dalam memahami Studi Implementasi Kebijakan.

Rencana Pembelajaran Semester_Studi Implementasi Kebijakan-KKNI-2016-17

Kuliah-1_Memahami Arti Penting Studi Implementasi Kebijakan

Kuliah-2_Lingkup dan Perkemb SIK

Kuliah-3_Perkembangan Teori Implementasi Kebijakan

Kuliah-4_Rancangan Penelitian Implementasi Kebijakan

Kuliah-5_Mengukur Kinerja Implementasi Kebijakan

Kuliah-6_Faktor yg Mempengaruhi KIK

Kuliah-7_Faktor-Variabel Organisasi

Kuliah-9_Faktor-Variable_Lingkungan_KS_Sikap Pelaksana

Kuliah-11_Model van Horn dan van Metter_Marlee S Grindle

Kuliah-12_Model Mazmanian dan Sabatier

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: